Analisis kinerja ekonomi regional dalam kaitannya dengan pemekaran wilayah Provinsi Kotawaringin / Aida Nur Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja ekonomi regional dalam kaitannya dengan pemekaran wilayah Provinsi Kotawaringin / Aida Nur Faizah

Faizah, Aida Nur (2022) Analisis kinerja ekonomi regional dalam kaitannya dengan pemekaran wilayah Provinsi Kotawaringin / Aida Nur Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk yaitu 1) Mengidentifikasi potensi unggulan yang dapat dikembangkan dan memberi nilai ekonomi lebih pada Calon DOB Provinsi Kotawaringin 2) Menganalisis kelayakan pemekaran berdasarkan kemampuan ekonomi dan 3) merumuskan strategi pengembangan wilayah Provinsi Kotawaringin. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencakup Kabupaten Kotawaringin Barat Kotawaringin Timur Seruyan Sukamara dan Lamandau serta menggunakan teknik analisis Location Quentiont (LQ) analisis Tipologi Wilayah analisis Derajat Desentralisasi Fiskal dan metode kualitatif untuk analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 sektor unggulan utama dari kelima kabupaten wilayah pengembangan yakni sektor pertanian kehutanan perikanan industri pengolahan dan sektor konstruksi. Kemampuan keuangan wilayah pengembangan DOB Provinsi Kotawaringin berdasarkan perhitungan PAD DBH DAU dan DAK menunjukkan kategoori kurang mampu untuk menyelenggarakan otonomi daerah. Analisis SWOT memberikan hasil bahwa wilayah pengembangan memiliki kekuatan dan peluang yang banyak apabila dioptimalkan dengan baik maka dapat meningkatkan kemandirian fiskal daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264598

Actions (login required)

View Item View Item