Strategi optimalisasi bumdes wonorejo sebagai upaya peningkatan perekonomian desa / Rahmat Priyo Dwi Alrasyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi optimalisasi bumdes wonorejo sebagai upaya peningkatan perekonomian desa / Rahmat Priyo Dwi Alrasyid

Alrasyid, Rahmat Priyo Dwi (2022) Strategi optimalisasi bumdes wonorejo sebagai upaya peningkatan perekonomian desa / Rahmat Priyo Dwi Alrasyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam membantu peningkatan perekonomian pedesaan terus diupayakan untuk mengembangkan sektor unggulan yang ada di Desa. Untuk mewadahi dalam mengembangkan sektor unggulan yang ada di desa perlu adanya badan khusus yang menangani hal ini. Badan khusus tersebut yaitu Badan Usaha Miliki Desa yang pembentukannya berfungsi untuk mengembangkan sumber daya desa. Badan Usaha Milik Desa Wonorejo adalah bentuk upaya dalam penanganan pengembangan sektor unggul yang ada di Desa Wonorejo. Tetapi adanya BUMDes Wonorejo ini belum bisa berjalan dengan optimal dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia dan keterbatasan pengetahuan sehingga pengelolaan BUMDes belum bisa berjalan secara maksimal. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang ada di BUMDes Wonorejo serta menyiapkan strategi pengembangan BUMDes Wonorejo sehingga BUMDes Wonorejo dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian dan daya saing desa melalui sektor unggul yang dimiliki. Disini peneliti menggunakan metode statistika deskriptif Internal Factor Evaluation dan Eksternal Factor Evaluation yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keadaan BUMDes serta memberikan gambaran mengenai strategi pengembangan BUMDes Wonorejo. Dari hasil metode statistika deskriptif yang mengacu pada laporan buku kas laporan permodalan dan laporan laba rugi BUMDes Wonorejo unit usaha yang dijalankan BUMDes belum memberikan dampak maksimal untuk pendapatan. Sedangkan dari hasil perhitungan IFE dan EFE diperoleh hasil maksimal dari kekuatan BUMDes dengan skor 0 30189 yaitu pada sektor pertanian dan peluang yang dimiliki BUMDes Wonorejo diperoleh dengan skor 0 38889 yaitu pada pengembangan teknologi. Dari hasil ini bisa diartikan bahwa untuk pengembangan BUMDes Wonorejo bisa fokus dalam sektor pertanian dengan menggunakan teknologi tepat guna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 06:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264596

Actions (login required)

View Item View Item