Penyaluran kredit UMKM Bank Umum di Indonesia: analisis vecm dengan r studio / Nadila Dian Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyaluran kredit UMKM Bank Umum di Indonesia: analisis vecm dengan r studio / Nadila Dian Fitria

Fitria, Nadila Dian (2022) Penyaluran kredit UMKM Bank Umum di Indonesia: analisis vecm dengan r studio / Nadila Dian Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit UMKM oleh Bank Umum di Indonesia. Data yang digunakan data time series bulanan periode Januari 2015 hingga Desember 2021. Penelitian ini menggunakan analisis Vector Error Correction Model (VECM) dengan R Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek variabel NPL berpengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM sementara LDR CAR dan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM. Dalam jangka panjang NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM sedangkan LDR CAR dan ROA masing masing berpengaruh positif signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM. Variabel yang memiliki kontribusi terbesar terhadap penyaluran kredit UMKM adalah variabel CAR diikuti dengan variabel NPL dan ROA. Rendahnya kontribusi variabel LDR menunjukkan bahwa bank umum kurang memperhatikan besaran LDR untuk menentukan kebijakan dengan tujuan meningkatkan penyaluran kredit UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264591

Actions (login required)

View Item View Item