Peran zakat terhadap ketahanan pangan dalam pembangunan ekonomi daerah / Dewi Aisyah Febriyani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran zakat terhadap ketahanan pangan dalam pembangunan ekonomi daerah / Dewi Aisyah Febriyani Putri

Putri, Dewi Aisyah Febriyani (2022) Peran zakat terhadap ketahanan pangan dalam pembangunan ekonomi daerah / Dewi Aisyah Febriyani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir perubahan iklim global berpengaruh secara ekstrem terhadap ketahanan pangan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran zakat terhadap ketahanan pangan di BAZNAS Lazis Sabilillah dan Rumah Zakat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran zakat dapat menjadi alternatif untuk ketahanan pangan disaat adanya wabah covid-19. Pada BAZNAS terdapat program Catering Berkah pembagian sembako dan modal usaha Lazis Sabilillah terdapat program santunan pembagian sembako dan modal usaha dan Rumah Zakat terdapat program pembagian sembako kebun gizi dan bingkisan lebaran keluarga. Program tersebut dapat berguna untuk jangka panjang bagi binaan mustahik. Sehingga para mustahik merasa terbantu dalam pemenuhan ketahanan pangan keluarga. Jadi pada lembaga BAZNAS Kota Malang Lazis Sabilillah Kota Malang dan Rumah Zakat Kota Malang peran zakat pada ketahanan pangan dapat memberikan jaminan untuk mendapat bantuan pangan darurat serta terpenuhinya jumlah kebutuhan konsumsi selama 1 bulan berturut-turut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264586

Actions (login required)

View Item View Item