Digitalisasi UMKM gula kelapa sebagai upaya pengembangan ekonomi lokal / Rizka Binti Khuzaimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Digitalisasi UMKM gula kelapa sebagai upaya pengembangan ekonomi lokal / Rizka Binti Khuzaimah

Khuzaimah, Rizka Binti (2022) Digitalisasi UMKM gula kelapa sebagai upaya pengembangan ekonomi lokal / Rizka Binti Khuzaimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan para pelaku usaha untuk beradaptasi secara cepat agar mampu bertahan termasuk pelaku UMKM. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif penelitian bertujuan untuk memberikan penjelasan pemaparan dan analisis peran digitalisasi dalam UMKM gula kelapa guna mengembangkan ekonomi lokal. Jenis data penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari observasi wawancara dan dokumentasi serta data sekunder diperoleh dari literatur terdahulu dengan topik yang berkaitan. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan informan pemilik UMKM gula kelapa masyarakat lokal serta pemerintah setempat. Hasil dari kajian ini menemukan bahwa strategi dalam pemanfaatan teknologi dan pemanfaatan program pemberdayaan pemerintah memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan UMKM gula kelapa Desa Dayu terutama dari sisi strategi digitalisasi. Namun realitanya di lapangan hanya satu UMKM gula kelapa di Desa Dayu Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang telah melakukan digitalisasi teknologi sehingga peran pemerintah dalam pemberdayaan masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264584

Actions (login required)

View Item View Item