Social media marketing: peranannya dalam meningkatkan kinerja UMKM di Kota Malang pada masa pandemi covid-19 / Elvanda Satria Pratama Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Social media marketing: peranannya dalam meningkatkan kinerja UMKM di Kota Malang pada masa pandemi covid-19 / Elvanda Satria Pratama Handoko

Handoko, Elvanda Satria Pratama (2022) Social media marketing: peranannya dalam meningkatkan kinerja UMKM di Kota Malang pada masa pandemi covid-19 / Elvanda Satria Pratama Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan krisis diberbagai sektor baik sektor kesehatan pendidikan maupun sektor perekonomian. UMKM berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan stabilitas nasional. Pada saat ini sudah banyak kegiatan jual beli yang menggunakan media digital karena memudahkan baik untuk konsumen ataupun untuk pelaku UMKM itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahwa social media marketing memiliki peranan dalam meningkatkan kinerja di beberapa UMKM Kota Malang pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan data yang diperoleh berdasarkan dari data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik triangulasi sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria informan yakni pelaku UMKM di Kota Malang yang telah menerapkan social media marketing. Ada beberapa manfaat yang diperoleh para pelaku UMKM dalam menerapkan social media marketing ketika pandemi covid-19. Pertama sosial media dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang efektif dan efisien. Kedua social media marketing juga dapat membangun brand awareness dengan melakukan promosi secara konsisten di sosial media. Ketiga para informan penelitian setuju bahwa menerapkan social media marketing di masa pandemi covid-19 efektif untuk meningkatkan penjualan UMKM. Pembatasan aktivitas masyarakat di Indonesia pada saat pandemi membuat konsumen yang membeli produk dari media sosial cenderung meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264581

Actions (login required)

View Item View Item