Analisis aglomerasi industri terhadap ketimpangan pendapatan di provinsi jawa timur / NOVIA PUTRI ARINI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis aglomerasi industri terhadap ketimpangan pendapatan di provinsi jawa timur / NOVIA PUTRI ARINI

Arini, Novia Putri Arini (2021) Analisis aglomerasi industri terhadap ketimpangan pendapatan di provinsi jawa timur / NOVIA PUTRI ARINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembangunan merupakan suatu proses multidimensional yang melibatkan berbagai perubahan-perubahan mendasar termasuk upaya percepatan atau akselerasi pertumbuhan ekonomi dan pengurangan ketimpangan. Pertumbuhan ekonomi akan lebih berarti apabila diikuti dengan pemerataan dari hasil-hasil pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kesenjangan wilayah dan pemerataan pembangunan menjadi permasalahan utama dalam pertumbuhan ekonomi wilayah. Pola pembangunan yang tidak merata serta perbedaan karakteristik di setiap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur menjadi awal masalah yang timbul sehingga menyebabkan pola pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah menjadi berbeda-beda. Berbagai upaya perlu dilaukan untuk membuat kebijakan terkait guna mewujudkan serta mendukung pembangunan ekonomi yang sekaligus dapat mengurangi tingkat ketimpangan pendapatan. Studi ini membahas mengenai ketimpangan pendapatan di Jawa Timur pada tahun 2017-2019. Variabel independen antara lain Aglomerasi Industri Pertumbuhan Ekonomi Investasi Jumlah tenaga kerja dan Upah Minimum terhadap Ketimpangan Pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier data panel dengan Fixed Effect Model dari Eviews 9. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Aglomerasi Industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan. Variabel Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan. Variabel Investasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan. Variabel Jumlah tenaga kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan. Variabel Upah Minimum berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Ketimpangan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264564

Actions (login required)

View Item View Item