Efek anthelmintik serbuk dan ekstrak daun urena lobata terhadap cacing pita ayam secara in vitro / Mardiana Lelitawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efek anthelmintik serbuk dan ekstrak daun urena lobata terhadap cacing pita ayam secara in vitro / Mardiana Lelitawati

Lelitawati, Mardiana (2012) Efek anthelmintik serbuk dan ekstrak daun urena lobata terhadap cacing pita ayam secara in vitro / Mardiana Lelitawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci cacing pita serbuk dan ekstrak daun U. lobata anthelmintik Cacing pita merupakan salah satu cacing parasit pada usus ayam. Infeksi oleh cacing pita ayam sangat merugikan karena dapat menyebabkan terjadinya penurunan bobot badan mengganggu laju pertumbuhan dan menurunkan produksi sehingga menyebabkan kerugian bagi peternak. Daun U. lobata diprediksi dapat memberikan efek anthelmintik terhadap cacing pita. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui konsentrasi efektif ada tidaknya perbedaan konsentrasi efektif serbuk dan ekstrak waktu efisien hubungan antara peningkatan konsentrasi serbuk daun U. lobata dengan tingkat kematian cacing pita ayam secara in vitro dan hubungan antara peningkatan konsentrasi ekstrak daun U. lobata dengan tingkat kematian cacing pita ayam secara in vitro. Penelitian dilakukan pada bulan Februari Maret 2012 bertempat di Ruang 105 Gedung O5 FMIPA Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian adalah eksperimen menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Cacing pita yang digunakan dalam penelitian berukuran 10 15 cm diambil dari usus ayam yang diperoleh dari Pasar Besar Malang. Konsentrasi serbuk dan ekstrak daun U. lobata yang digunakan adalah 0% 0 5% 1% 1 5% 2% 2 5% 3% 3 5% 4% 4 5% dan 5%. Teknik ekstraksi yang digunakan yaitu maserasi dengan pelarut etanol 96%. Tiap perlakuan menggunakan 8 cacing yang diamati selama 30 menit sekali selama 6 jam. Data hasil penelitian berupa jumlah cacing yang mati dianalisis dengan regresi probit untuk menentukan LC50 dan LT50 kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui signifikansi perbedaan antara serbuk dan ekstrak serta dianalisis dengan regresi linier untuk mengetahui hubungan dan mendefinisikan hubungan matematis antara tingkat kematian cacing pita dengan peningkatan konsentrasi serbuk dan ekstrak daun U. lobata. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi efektif serbuk daun U. lobata yaitu 0 892% pada pengamatan menit ke-240 dengan waktu efisien 240 7 menit pada konsentrasi 1% sedangkan konsentrasi efektif ekstrak daun U. lobata yaitu 0 717% pada menit ke-240 dengan waktu efisien 214 7 menit pada konsentrasi 1%. Hal ini berarti bahwa serbuk dan ekstrak daun U. lobata memiliki konsentrasi efektif dan waktu efisien yang berbeda. Namun perbedaan antara serbuk dan ekstrak tidak signifikan yang berarti bahwa penggunaan daun U. lobata sebagai anthelmintik dalam bentuk serbuk maupun ekstrak memberikan efek yang sama. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan konsentrasi serbuk dan ekstrak daun U. lobata dengan tingkat kematian cacing pita ayam secara in vitro. Hubungan tersebut dinyatakan dalam model persamaan regresi y 2 287 1 097 x untuk serbuk dan y 2 712 1 327x untuk ekstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item