implementasi pembejaran blended learning melalui PPL berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negri 1 Malang / Umi Fitriyati - Repositori Universitas Negeri Malang

implementasi pembejaran blended learning melalui PPL berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negri 1 Malang / Umi Fitriyati

Fitriyati, Umi (2012) implementasi pembejaran blended learning melalui PPL berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negri 1 Malang / Umi Fitriyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi Blended Learning Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar. SMP Negeri 1 Malang merupakan sekolah RSBI yang sudah memiliki fasilitas wifi namun belum dimanfaatkan secara maksimal untuk pembelajaran. Berdasarkan observasi pembelajaran biologi di SMP Negeri 1 Malang masih terpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga pembelajaran lebih ke arah transfer of knowledge yang menyebabkan motivasi dan penguasaan konsep biologi siswa masih kurang. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran berbasis Blended Learning melalui PPL berbasis Lesson Study. Blended Learning (BL) adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis face to face dengan pembelajaran berbasis komputer (online dan offline). Pembelajaran berbasis Blended Learning melalui Lesson Study (LS) berarti pada kegiatan belajar dan mengajar guru berkolaborasi untuk melakukan tahapan plan do see yang merupakan tahapan Lesson Study dan pada tahap plan dan do guru mengkombinasikan antara pembelajaran face to face dan komputer (online dan offline). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran BL melalui LS 2) implementasi pembelajaran BL melalui PPL berbasis LS dalam meningkatkan motivasi belajar biologi siswa 3) implementasi pembelajaran BL melalui PPL berbasis LS dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa dan 4) persepsi siswa mengenai implementasi pembelajaran BL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru dan mahasiswa dirancang selama 12 siklus LS dengan tiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu plan do dan see. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID dan kelas VIIF SMP Negeri 1 Malang. Teknik pengumpulkan data dilakukan dengan teknik observasi pembagian angket dokumentasi LS (tahap plan do see) dan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) taraf persentase pelaksanaan BL sangat baik yaitu 85 96% 2) motivasi belajar biologi siswa kelas VII mengalami peningkatan sebesar 13 57% motivasi sebelum BL 68 87% dan setelah BL 82 44% 3) ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII sebelum BL 85 83% dan pada saat BL meningkat 10 2% menjadi 96 03% 4) taraf respon siswa kelas VII terhadap pembelajaran BL adalah sangat baik yaitu 83 98%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26453

Actions (login required)

View Item View Item