Makna ekonomis badan usaha milik desa (BUMDESA) bagi Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang / Natasha Febriyanti Moekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna ekonomis badan usaha milik desa (BUMDESA) bagi Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang / Natasha Febriyanti Moekti

Moekti, Natasha Febriyanti (2021) Makna ekonomis badan usaha milik desa (BUMDESA) bagi Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang / Natasha Febriyanti Moekti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) bagi Desa Pujon Kidul ditinjau dari teori interaksi simbolik. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapat dari wawancara bersama Direktur Utama BUMDesa Pengawas BUMDesa Pemerintah Desa Pujon Kidul Masyarakat Desa Pujon Kidul dan masyarakat desa lain yang terdampak dari adanya BUMDesa. Sedangkan untuk sumber data sekunder didapat dari dokumentasi dan literasi yang mendukung untuk pembahasan pada penelitian ini. Pada penelitian ini ditemukan dua simbol yaitu simbol akuntabilitas informasi keuangan dan manfaat ekonomis. Simbol akuntabilitas informasi keuangan dimaknai sebagai suatu proses pertanggung jawaban atas pengelolaan dana desa yang harus dilakukan secara transparan. Selanjutnya terkait dengan simbol manfaat ekonomis. Keberadaan BUMDesa dinilai membawa manfaat materiil kepada seluruh pihak yang terkait. Interaksi tersebut dapat diwujudkan atas adanya mekanisme bagi hasil dan keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan ekonomi desa. Melalui simbol ekonomis interaksi yang terbentuk dinilai dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar BUMDesa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264512

Actions (login required)

View Item View Item