Visualisasi CSR industri rokok: memoles citra mengaburkan realita / Masniatul Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi CSR industri rokok: memoles citra mengaburkan realita / Masniatul Aulia

Aulia, Masniatul (2022) Visualisasi CSR industri rokok: memoles citra mengaburkan realita / Masniatul Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai strategi perusahaan untuk memperoleh citra positif serta legitimasi. Pemanfaatan foto sebagai bentuk pencitraan visual telah diabaikan dalam beberapa penelitian akuntansi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis foto CSR dalam laporan tahunan industri rokok di Indonesia berdasarkan perspektif semiotika Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan visual content analysis untuk menganalisis 374 foto CSR. Tiga bidang area GRI diadaptasi untuk mengkategorikan foto CSR. Hasil temuan menunjukkan pengungkapan foto CSR dalam laporan tahunan industri rokok mengalami peningkatan. Kategori ekonomi dan sosial lebih banyak diungkapkan dalam fotografi CSR sedangkan kategori lingkungan relatif lebih sedikit. Temuan lain menunjukkan bahwa gambar orang menjadi tema paling menonjol. Temuan tersebut diinterpretasikan menggunakan teori semiotika Barthes melalui denotasi dan konotasi. Kontribusi teoritis penelitian adalah memperkaya kajian mengenai semiotika Barthes pada fotografi CSR yang masih jarang digunakan dalam disiplin ilmu akuntansi. Sementara itu kontribusi praktis adalah memberikan pemahaman bahwa foto CSR industri rokok dapat dimanfaatkan untuk membangun citra dan legitimasi sehingga stakeholders dapat lebih berhati-hati dalam menafsirkan foto-foto CSR. Selain itu memberikan edukasi kepada masyarakat terutama perokok mengenai bahaya merokok bagi kesehatan. Pemerintah sebagai regulator berperan aktif dalam mengurangi konsumsi rokok di Indonesia melalui berbagai kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264503

Actions (login required)

View Item View Item