Pengaruh peristiwa pandemi virus covid-19 terhadap reaksi pasar modal di indeks saham lq 45 / Evi Dwi Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh peristiwa pandemi virus covid-19 terhadap reaksi pasar modal di indeks saham lq 45 / Evi Dwi Astutik

Astutik, Evi Dwi (2022) Pengaruh peristiwa pandemi virus covid-19 terhadap reaksi pasar modal di indeks saham lq 45 / Evi Dwi Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peristiwa pengumuman kasus pertama virus covid-19 adalah salah satu peristiwa yang dapat mempengaruhi pasar modal. Jika suatu peristiwa mengandung informasi maka dapat dijadikan dasar oleh investor dalam melakukan analisis investasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengumuman kasus pertama virus covid-19 di Indonesia terhadap reaksi pasar dengan menggunakan indikator abnormal return abnormal trading volume activity dan nilai kapitalisasi pasar pada perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study dan menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Terdapat 35 saham perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menganalisis pergerakan harga saham volume perdagangan dan nilai saham selama 7 hari periode jendela dan 100 hari periode estimasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif uji normalitas skewness-kurtosis dan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengumuman kasus pertama virus covid-19 berpengaruh positif signifikan terhadap abnormal return sebelum peristiwa dan memiliki kecenderungan dampak negatif terhadap abnormal return setelah terjadinya peristiwa sedangkan untuk indikator abnormal trading volume activity dan nilai kapitalisasi pasar berpengaruh positif signifikan baik sebelum maupun setelah peristiwa. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peristiwa kasus pertama covid-19 memiliki kandungan informasi karena terdapat respon pasar dan pasar modal Indonesia berbentuk efisiensi pasar setengah kuat. Dengan hasil penelitian ini investor dapat menggunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan keputusan investasi pada saat terjadi peristiwa non ekonomi yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264499

Actions (login required)

View Item View Item