Semiologi akuntansi dalam film kartun: membongkar kedok sang perompak / Kelvin Bagus Anugrah - Repositori Universitas Negeri Malang

Semiologi akuntansi dalam film kartun: membongkar kedok sang perompak / Kelvin Bagus Anugrah

Anugrah, Kelvin Bagus (2022) Semiologi akuntansi dalam film kartun: membongkar kedok sang perompak / Kelvin Bagus Anugrah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap peran akuntansi dalam ekonomi kapitalisme melalui pendekatan semiologi Barthes. Sudut pandang kritis diadopsi dalam penelitian ini guna menemukan pesan simbolis dalam budaya populer. Analisis data dilakukan terhadap 509 episode film kartun SpongeBob SquarePants dari musim kesatu hingga ke-12. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan penting seperti penggambaran budaya kapitalisme dalam film selama dua dekade makna denotasi konotasi dan mitos akuntansi keuangan dan manajemen serta mitos keputusan ekonomi yang rasional sebagai kedok ldquo sang perompak rdquo . Akuntansi sebagai alat pengambilan keputusan ekonomi yang rasional adalah mitos karena sejatinya akuntansi merupakan alat kolonialisme dan imperialisme. Penelitian ini dapat menjadi acuan untuk mengembangkan literatur akuntansi yang berkaitan dengan pendekatan semiologi Barthes pada budaya populer khususnya analisis film kartun. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membuka kesadaran para praktisi dan akademisi mengenai praktik akuntansi sebagai ideologi dan alat rasionalisasi ekonomi kapitalisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264496

Actions (login required)

View Item View Item