Pengaruh green banking terhadap profitabilitas perbankan di indonesia pada masa pandemi covid-19 / Dina Ayu Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh green banking terhadap profitabilitas perbankan di indonesia pada masa pandemi covid-19 / Dina Ayu Rahma

Rahma, Dina Ayu (2022) Pengaruh green banking terhadap profitabilitas perbankan di indonesia pada masa pandemi covid-19 / Dina Ayu Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green banking terhadap profitabilitas perbankan di Indonesia pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini memeriksa laporan keberlanjutan dan laporan tahunan pada 66 perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020-2021. Pengungkapan green banking dikodekan melalui pendekatan content analysis sementara profitabilitas diukur menggunakan return on asset (ROA). Melalui analisis regresi data panel hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan green banking berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perbankan di Indonesia. Perbankan di Indonesia belum menerapkan green banking secara keseluruhan untuk mewujudkan profitabilitas tetapi green banking diterapkan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan sosial. Penelitian ini tidak sesuai dengan institutional theory yang menganggap bahwa tekanan institusional dari pemerintah berupa kebijakan green banking mempengaruhi kinerja keberlanjutan dan juga profitabilitas perbankan dalam bisnisnya. Oleh karena itu peneliti mengusulkan pedoman teknis green banking untuk membantu perbankan dalam mengimplementasikan green banking yang lebih terarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264491

Actions (login required)

View Item View Item