Pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja perawat RS X Malang / Intan Berlian Bilwahidiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja perawat RS X Malang / Intan Berlian Bilwahidiyati

Bilwahidiyati, Intan Berlian (2022) Pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja perawat RS X Malang / Intan Berlian Bilwahidiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bilwahidiyati Intan Berlian (2021). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Perawat RS X Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang Pembimbing Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci Keadilan Distributif Keadilan Prosedural Keadilan Interpersonal Keadilan Informasional dan Kepuasan Kerja. Sumber daya manusia merupakan salah satu kunci penting dalam organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan maka hal yang dibutuhkan yaitu kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan. Selain itu adanya pengelolaan keadilan organisasi dengan baik sehingga akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Apabila keadilan organisasi dalam perusahaan baik maka hal tersebut akan berpengaruh baik terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keadilan prosedural memiliki nilai yang paling rendah sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan terkait pelaksanaan peraturan dan prosedur pada para perawat seperti lebih memberi kesempatan bebas berpendapat menetapkan peraturan secara konsisten serta berlaku adil dan lebih objektif sehingga kepuasan kerja perawat di RS X Malang dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi keadilan distributif keadilan prosedural keadilan interpersonal dan keadilan informasional serta pengaruhnya terhadap kepuasan kerja perawat RS X Malang dan pengaruh variabel-variabel tersebut secara parsial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan variabel yang digunakan adalah keadilan distributif (X1) keadilan prosedural (X2) keadilan interpersonal (X3) dan keadilan informasional (X4) serta kepuasan kerja (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 91 perawat. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadilan distributif berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja (2) keadilan prosedural berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja (3) keadilan interpersonal berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan (4) keadilan informasional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264294

Actions (login required)

View Item View Item