Manajemen piutang pada koperasi simpan pinjam jati wirasa Bali / Winny Sophia Tunnisa A.R - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen piutang pada koperasi simpan pinjam jati wirasa Bali / Winny Sophia Tunnisa A.R

A.r, Winny Sophia Tunnisa (2022) Manajemen piutang pada koperasi simpan pinjam jati wirasa Bali / Winny Sophia Tunnisa A.R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan bagaimana perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengendalian piutang pada Koperasi Simpan Pinjam Jati Wirasa Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari SPI (Sistem Pengendalian Internal) kabag pendanaan kabag kredit dan analis kredit. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa manajemen piutang pada Koperasi Simpan Pinjam Jati Wirasa Bali bertujuan untuk meminimalisir risiko piutang tak tertagih. Tahap perencanaan koperasi membuat rancangan dan target untuk periode tiap tahun yang didasari oleh keputusan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Tahap pengorganisasian pembagian fungsi dan tanggung jawab di setiap pengurus sesuai job desc masing-masing dan pembagian kategori kolektibilitas pinjaman. Tahap pelaksanaan penerapan dalam prosedur pemberian piutang kepada para anggota. Tahap pengendalian koperasi menerapkan standar kredit bagi anggotanya serta diawasi oleh para pengurus yang bertanggungjawab atas aktivitas kredit tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264274

Actions (login required)

View Item View Item