Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan / Retna Dwi Nofitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan / Retna Dwi Nofitasari

Nofitasari, Retna Dwi (2012) Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan / Retna Dwi Nofitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PBMP TPS Kemampuan Metakognitif Kemampuan Berpikir Pemahaman Konsep. Belajar merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Proses belajar dimulai sejak manusia lahir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Proses belajar akan menjadi sangat penting bagi siapa saja dan dimana saja. Seiring dengan berkembangnya belajar manusia maka kemampuan berpikir mereka juga akan bertambah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir adalah kemampuan metakognitif. Strategi yang dipilih adalah dengan pola PBMP pada pelaksanaannya dapat digabungkan dengan metode kooperatif salah satunya adalah TPS. Strategi TPS dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan dapat membuat siswa dapat berpikir lebih terarah (dengan PBMP) serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar karena siswa dituntut melaporkan hasil berpikirnya pada teman-temannya. Pada strategi ini siswa dituntut untuk dapat bekerja secara bersama-sama dengan teman sebayanya. Kegiatan ini dapat meningkatkan kegiatan sosial siswa. Selain metode pembelajaran yang dipilih hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh kondisi awal siswa sehingga perlu juga dilihat bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol (pengajaran dengan strategi konvensional) dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (pengajaran dengan pola PBMP dipadu TPS). Analisis yang digunakan adalah anakova untuk mengetahui pengaruh penerapan pola PBMP dipadu TPS terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dengan pemberian pola PBMP dipadu TPS pada keterampilan metakognitif siswa sedangkan tidak adanya pengaruh signifikan pada kesadaran yang menggunakan inventori. Penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh pemberian pola PBMP dipadu TPS terhadap kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa. Melihat dari hasil penelitian tersebut diatas beberapa saran diajukan oleh peneliti untuk calon peneliti atau guru yaitu agar melakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai kemampuan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran terkait di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26427

Actions (login required)

View Item View Item