Pengaruh brand image terhadap purchase intention melalui brand awareness pada handphone iphone di Kota tarakan / Vian Syahril Rajib Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand image terhadap purchase intention melalui brand awareness pada handphone iphone di Kota tarakan / Vian Syahril Rajib Pratama

Pratama, Vian Syahril Rajib (2022) Pengaruh brand image terhadap purchase intention melalui brand awareness pada handphone iphone di Kota tarakan / Vian Syahril Rajib Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi di era sekarang berkembang sangat pesat. Manusia sebagai seorang konsumen tentunya memiliki kebutuhan terhadap teknologi salah satunya yaitu kebutuhan akan handphone yang berguna untuk berkomunikasi dan mempercepat penyelesaian pekerjaan yang dimiliki. Tentu saja perkembangan handphone akan sangat pesat dan membuat persaingan antar produsen-produsen handphone semakin ketat dan banyak hal yang harus dilakukan oleh produsen handphone untuk membuat konsumen merasa terpenuhi kebutuhannya terhadap produk handphone. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui (1) Deskripsi Brand Image Purchase Intention dan Brand Awareness (2) Apakah terdapat pengaruh langsung Brand Image terhadap Purchase Intention (3) Apakah terdapat pengaruh langsung Brand Image terhadap Brand Awareness (4) Apakah terdapat pengaruh langsung Brand Awareness terhadap Purchase Intention (5) Apakah terdapat pengaruh langsung Brand Image terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penilitian deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat di Kota Tarakan yang berniat membeli handphone Iphone jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 174 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Brand Image pada konsumen produk Iphone di Kota Tarakan dapat dikategorikan sudah sangat baik serta Brand Awareness Purchase Intention pada konsumen produk Iphone di Kota Tarakan dapat dikategorikan sangat baik (2) Brand Image terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Purchase Intention (3) Brand Image terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness (4) Brand Awareness terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Purchase Intention (5) Brand Image terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness. Saran dari peneliti untuk pihak perusahaan yaitu perusahaan perlu mempertahankan brand awareness produk yang sudah sangat baik. Perusahaan harus terus menciptakan inovasi-inovasi untuk membuat produk Iphone unggul dibandingkan dengan merek lain dan tetap menjadi merek pertama yang dicari konsumen ketika akan melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264264

Actions (login required)

View Item View Item