Kajian keragaman spesies burung pada tiga Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang / Akhmad Sulthon Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian keragaman spesies burung pada tiga Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang / Akhmad Sulthon Wahyudi

Wahyudi, Akhmad Sulthon (2012) Kajian keragaman spesies burung pada tiga Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang / Akhmad Sulthon Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keragaman spesies burung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Kota Malang. Spesies burung selama ini telah digunakan sebagai indikator keanekaragaman hayati dan perubahan lingkungan. Burung juga memiliki fungsi yang penting dalam komponen ekosistem yaitu sebagai pengontrol populasi serangga dan membantu penyerbukan bunga serta penyebaran biji (melalui feces). Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang (yang di dalamnya terdapat ruang terbuka hijau) merupakan rumah bagi berbagai spesies burung yang hidup menetap dan mencari makan di sekitar wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) spesies burung yang ditemukan pada tiga PTN di Kota Malang (2) keanekaragaman spesies burung pada tiga PTN di Kota Malang dan (3) status tiap spesies burung yang ditemukan pada tiga PTN di Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan metode pengambilan data menggunakan metode point count method atau metode titik. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu pada bulan Desember 2010 hingga bulan Februari 2011 di UM UB dan UIN. Pengamatan burung dilakukan sebanyak 10 kali ulangan pada masing-masing titik dengan bantuan teropong binokuler dan buku berjudul Burung-Burung di Sumatra Jawa Bali dan Kalimantan oleh Mac Kinnon tahun 2000. Keragaman spesies burung ditentukan dengan menentukan jenis spesies menghitung frekuensi perjumpaan menghitung kelimpahan dan menghitung nilai Indeks Keanekaragaman (IKR) spesies yang berada pada tiga PTN di Kota Malang. Perhitungan nilai Indeks Keanekaragaman (IKR) dengan rumus IKR (Jumlah individu suatu spesies/ Jumlah total individu yang ditemukan) x 100%. Sedangkan status spesies burung berdasarkan pada Peraturan Pemerintah PP no.7 Tahun 1999. Hasil penelitian ini meliputi (1) terdapat 25 spesies burung dari 19 famili pada tiga PTN di Kota Malang (2) keragaman spesies burung pada masingmasing perguruan tinggi berbeda spesies burung yang memiliki kelimpahan terbesar adalah burung Gereja Erasia dan terkecil adalah Caladi Tilik Cabak Kota dan Empuloh Janggut (3) dari 25 spesies yang teramati terdapat 3 spesies burung yang termasuk kategori dilindungi dan 22 spesies burung yang tidak dilindungi menurut PP no 7 tahun 1999. Tiga spesies burung yang dilindungi yaitu Burung Madu Sriganti Cekakak Sungai dan Cekakak Jawa sedangkan 22 spesies burung yang tidak dilindungi yaitu Bondol Jawa Bondol Haji Bondol Peking burung Gereja Erasia Cucak Kutilang Walet Palem Asia Walet Linci burung Cabe Jawa Prenjak Jawa Kareo Padi burung Kacamata Biasa Tekukur Biasa Cipoh Kacat Wiwik Kelabu Serak Jawa Celadi Tilik Cinenen Kelabu Kerak Kerbau Kapinis Rumah Layang-layang Loreng Empuloh Janggut dan Cabak Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26425

Actions (login required)

View Item View Item