Pengaruh online consumer review terhadap purchase decision melalui trust pada marketplace shopee (studi pada pengguna shopee di Kota Malang) / Ilham Nuril Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh online consumer review terhadap purchase decision melalui trust pada marketplace shopee (studi pada pengguna shopee di Kota Malang) / Ilham Nuril Maulana

Maulana, Ilham Nuril (2022) Pengaruh online consumer review terhadap purchase decision melalui trust pada marketplace shopee (studi pada pengguna shopee di Kota Malang) / Ilham Nuril Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi begitu pesat yang mengubah perilaku berbelanja konsumen menjadi berbelanja secara online. Berdasarkan peringkat marketplace di Indonesia dalam dua tahun terkahir menunjukkan telah terjadinya penurunan pada peringkat shopee di indonesia. Hal ini merupakan sebuah kenyataan yang harus segera dicari penyebabnya agar dapat memaksimalkan penjualan pada marketplace Shopee. Banyak hal yang menjadi penyebab dari hal tersebut salah satunya adalah kualitas online consumer review yang baik sehinga dapat membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen yang berimplikasi pada naiknya penjualan di marketplace Shopee. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengeksplanasi pengaruh variabel online consumer review terhadap purchase decision melalui trust. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kuatitatif dengan metode penelitian deskriptif dan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee di kota Malang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang mendapatkan 150 responden. Hasil uji validitas dari 16 item semuanya dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa keseluruhan item pernyataan dinyatakan reliabel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif analisis data berupa statistik deskriptif dan analisis PLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Google form secara online. Hasil penelitian statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel online consumer review memiliki grand mean sebesar 3 94 yang berarti bahwa secara keseluruhan online consumer review Shopee sudah dalam katergori baik menurut pengguna Shopee di kota Malang. Variabel purchase decision memiliki grand mean sebesar 4 29 yang berarti bahwa secara keseluruhan purchase decision termasuk kategori sangat baik. Dan variabel trust mendapatkan nilai grand mean 4 06 yang berarti bahwa secara keseluruhan dengan kategori baik. Kemudian hasil uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara online consumer review terhadap purchase decision pada pengguna Shopee di kota Malang. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara trust terhadap purchase decision pada pengguna Shopee di kota Malang. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara online consumer review terhadap trust pada pengguna Shopee di kota Malang. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara online consumer review terhadap purchase decision melalui trust pada pengguna Shopee di kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang dijabarkan Shopee diharapkan untuk lebih meningkatkan reward kepada pelanggan Shopee yang apabila telah melakukan ulasan (online consumer review) dengan memberikan informasi yang lebih detail terhadap pelayanan atau barang yang telah dibeli sebelumnya pada marketplace Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264243

Actions (login required)

View Item View Item