Analisis strategi retensi karyawan pada sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar / Cantikka Putri Nawang Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis strategi retensi karyawan pada sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar / Cantikka Putri Nawang Sari

Sari, Cantikka Putri Nawang (2022) Analisis strategi retensi karyawan pada sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar / Cantikka Putri Nawang Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran sumber daya manusia sangat dibutuhkan khususnya dalam sektor usaha jasa mengingat bahwa pelayanan yang diberikan merupakan hasil kinerja dari karyawan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan perusahaan agar karyawan tetap loyal dan kinerja karyawan tetap baik adalah dengan melakukan retensi terhadap karyawan. Konsep retensi dilakukan bukan hanya untuk kepentingan perusahaan tetapi untuk kepentingan karyawan maka perlu diketahui oleh sisi perusahaan apa saja selain upaya retensi yang telah diberikan yang membuat karyawan bertahan sehingga hal tersebut berguna bagi perusahaan untuk melakukan kesesuaian dengan faktor-faktor yang dibutuhkan oleh karyawan sehingga akan memudahkan bagi kedua pihak untuk mencapai tujuan. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Strategi retensi karyawan yang dilakukan oleh sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar (2) Mengetahui faktor-faktor penentu retensi karyawan bagi karyawan di sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar (3) Kesesuaian antara strategi retensi karyawan yang dilakukan oleh perusahaan dengan faktor penentu retensi pada karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Data yang didapat peneliti secara langsung dengan wawancara dan observasi. Tahapan penelitian data meliputi reduksi data kodifikasi data penyajian data analisis data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini memakai metode triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi retensi karyawan yang diterapkan oleh masing-masing tempat usaha jasa sablon screen printing di Blitar kepada para karyawannya terdapat kesamaan dalam hal pemberian kompensasi seperti pemberian gaji dan uang lembur dan pemberian insentif berupa bonus produksi. Diluar hal tersebut terdapat perbedaan diantara ketiganya tergantung kepada kemampuan perusahaan dan apa saja hal yang dibutuhkan oleh karyawan. Faktor-faktor penentu retensi karyawan bagi karyawan di sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar ini dibagi atas faktor organisasional faktor pekerjaan dan faktor demografi. Kemudian strategi retensi karyawan yang telah diberikan oleh ketiga sektor usaha jasa sablon screen printing di Blitar dinilai terdapat kesesuaian dengan faktor penentu retensi karyawan bagi karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 07:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264205

Actions (login required)

View Item View Item