Analisis manajemen kredit macet Bank Perkreditan Rakyat Indonesia / Imamah Nabila Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis manajemen kredit macet Bank Perkreditan Rakyat Indonesia / Imamah Nabila Putri

Putri, Imamah Nabila (2022) Analisis manajemen kredit macet Bank Perkreditan Rakyat Indonesia / Imamah Nabila Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kredit macet adalah suatu risiko yang sering dialami oleh bank yang mana jika tidak segera diatasi akan memicu kerugian yang sangat besar bagi bank. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan manajemen kredit untuk mengatasi adanya kredit macet pada bank. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di salah satu bank perkreditan rakyat (BPR) di Kabupaten Kediri yaitu PT. BPR Agro Cipta Adiguna. Penelitian ini berfokus pada berbagai macam penyebab dampak dan proses dalam manajemen kredit untuk mengatasi kredit macet. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penyebab dari adanya kredit macet terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Serta dampak dari adanya kredit macet dapat memicu kerugian sangat besar bagi pihak bank. Pengelolaan manajemen kredit pada BPR tersebut dimulai dari perencanaan kredit penentuan suku bunga kredit prosedur pemberian kredit analisa pemberian kredit pengawasan kredit dan mitigasi kredit macet. Manajemen kredit yang diterapkan BPR tersebut masih kurang efektif karena beberapa manajemen kreditnya belum bisa diterapkan secara intensif khususnya dalam pengawasan kredit karena struktur organisasi yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264198

Actions (login required)

View Item View Item