Identifikasi dan isolasi jenis mikroalga planktonik di waduk Lahor Kabupaten Malang Jawa Timur / Fita Lutfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi dan isolasi jenis mikroalga planktonik di waduk Lahor Kabupaten Malang Jawa Timur / Fita Lutfiana

Lutfiana, Fita (2011) Identifikasi dan isolasi jenis mikroalga planktonik di waduk Lahor Kabupaten Malang Jawa Timur / Fita Lutfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Identifikasi Isolasi Mikroalga planktonik Waduk Lahor. Waduk Lahor merupakan waduk air tawar yang dialiri oleh tiga buah sungai yaitu sungai Lahor sungai Leso dan sungai Dewi. Air waduk Lahor dapat dijadikan indikator kondisi kualitas perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies mikroalga yang berhasil diidentifikasi dan diisolasi. Mikroalga yang digunakan dalam penelitian ini adalah mikroalga planktonik yang diambil dari Waduk Lahor dengan cara mengambil air dengan botol pada 3 bagian perairan yaitu bagian permukaan kedalaman 1 meter dan kedalaman 2 meter. Metode isolasi mikroalga menggunakan medium Walne dengan metode isolasi goresan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif eksploratif. Data tentang jenis mikroalga yang ditemukan diidentifikasi dan diisolasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibuat kunci identifikasinya. Identifikasi menggunakan buku The Freshwater Algae of The United States oleh Gilbert M. Smith (1950) buku How To Know The Freshwater Algae oleh G.W. Prescott (1978) The Plant Kingdom oleh Bold C. Harold (1987) Introduction to The Algae oleh Bold C. Harold (1985) dan Freshwater Algae Identification and Use as Bioindicators oleh Bellinger Edward G. Sigee David C (2010). Mikroalga planktonik yang berhasil diidentifikasi ada 29 spesies dari 4 divisi yaitu Chlorophyta Chrysophyta Pyrophyta dan Cyanophyta. Spesies tersebut adalah Pandorina morum Chlorococcum humicola Chlorella sp. Treubaria triappendiculata Crucigenia tetrapedia Scenedesmus quadricauda Actinotaenium sp. Netrium digitus Palmella miniata Staurastrum natator Chladophora sp. Pseudotetraspora gainii Protococcus sp. Palmellococcus miniatus Scenedesmus dimorphus Scenedesmus bijuga Ourococcus bicaudatus Gonium pectorale Glenodinium cinctum Fragilaria crotonensis Meridion circulare Synedra ulna Navicula gracilis Pinnularia sp. Nitzschia palea Diatoma sp. Gloeothece linearis Merismopedia Borzia trilocularis. Mikroalga yang berhasil terisolasi ada 9 spesies dari 2 divisi adalah Chlorococcum humicola Pandorina morum Fragilaria crotonensis Nitzschia palea Protococcus sp. Diatoma sp. Chlorella sp. Scenedesmus bijuga dan Gonium pectorale. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pada mahasiswa masyarakat dan pemerintah khususnya pengelola Waduk Lahor terkait dengan potensi mikroalga yang ada di Waduk Lahor. Mikroalga planktonik yang berhasil diisolasi sebaiknya tetap dijaga kelembapannya agar tidak kering dan bisa diuji lebih lanjut untuk mengetahui potensi dan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26416

Actions (login required)

View Item View Item