Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar dan retensi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar dan retensi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono

Wicaksono, Azizul Ghofar Candra (2011) Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar dan retensi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Reciprocal Teaching Jigsaw metakognitif hasil belajar retensi. Kualitas pendidikan tercermin dari pembelajaran yang berlangsung di dalam lembaga pendidikan (sekolah). Secara umum pembelajaran yang berlangsung di Indonesia belum menunjukkan perkembangan yang signifikan kondisi ini berdampak pada banyaknya siswa yang memiliki kemampuan metakognitif hasil belajar dan retensi yang rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan strategi pembelajaran reciprocal teaching (RT) dalam metode jigsaw. Strategi RT berpotensi untuk mengembangkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa. Selain itu tingginya aktivitas siswa dalam metode jigsaw termasuk membelajarkan materi kepada siswa lain mampu meningkatkan daya ingat atau retensi siswa. Dengan demikian kombinasi RT dan jigsaw menjadi strategi yang berpotensi untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa termasuk dalam aspek kemampuan metakognitif hasil belajar dan retensi. Tujuan penelitian ini ialah 1) Mengetahui pengaruh strategi Reciprocal teaching dipadu dengan Jigsaw terhadap kemampuan metakognitif 2) Mengetahui pengaruh strategi Reciprocal teaching dipadu dengan Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif dan 3) Mengetahui pengaruh strategi Reciprocal teaching dipadu dengan Jigsaw terhadap retensi. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran (reciprocal teaching-jigsaw). Variabel terikat adalah kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif hasil belajar dan retensi. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-10 sebagai kelas perlakuan. Kemampuan metakognitif diukur menggunakan MAI (metacognitive awareness inventory) dan rubrik metakognitif. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes essay. Retensi diukur dengan menggunakan tes essay dua minggu setelah perlakuan. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes postes dan retensi (dua minggu setelah postes). Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05). Sebelum uji anakova dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolovsmirnov dan uji homogenitas data dengan levene tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif 2) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar dan 3) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap retensi. Strategi gabungan reciprocal teaching-jigsaw terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar dan disarankan bagi guru untuk mencoba mengimplementasikan strategi reciprocal teaching-jigsaw dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item