Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image sepatu basket merk Nike (studi pada anggota Hutama Manggala Basketball Club Kota Malang) / Fendy Prima Bahana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image sepatu basket merk Nike (studi pada anggota Hutama Manggala Basketball Club Kota Malang) / Fendy Prima Bahana

Bahana, Fendy Prima (2022) Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image sepatu basket merk Nike (studi pada anggota Hutama Manggala Basketball Club Kota Malang) / Fendy Prima Bahana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sepatu basket merek Nike merupakan sepatu yang sering dijumpai ketika melihat permainan bola basket dimanapun mulai dari tingkat anak-anak sampai tingkat profesional. Nike telah mengalami peningkatan besar dalam penjualan online sebesar 82 persen selama Juni hingga Agustus 2020. Nike membukukan pendapatan USD 10 6 miliar atau Rp 157 triliun karena banyak pasar utamanya pulih termasuk di China. Namun pada tahun 2021 sepatu Nike mengalami penurunan dalam persentase penjualannya. Electronic Word of Mouth yang dilakukan Nike mempengaruhi Brand Image di media sosial. Brand Image juga dapat mempengaruhi persepsi orang sehingga mempengaruhi Purchase Intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian descriptive research dan explanatory research. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth (X) dan variabel eksogen adalah Purchase Intention (Y) sedangkan untuk variabel mediasi adalah Brand Image (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah anggota dari Hutama Manggala Basketball Club Kota Malang dengan sampel yang digunakan sebanyak 123 responden yang merupakan seluruh anggota dari Hutama Manggala Basketball Club Kota Malang. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention 2) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image 3) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dan 4) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah 1) Nike dapat mempertahankan serta meningkatkan strategi electronic word of mouth yang sudah ada karena variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang besar dalam mempengaruhi purchase intention. 2) bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 06:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264137

Actions (login required)

View Item View Item