Pengelolaan modal kerja pada UMKM bakpia dan bolen ahmad's family Trenggalek / Silkhi Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan modal kerja pada UMKM bakpia dan bolen ahmad's family Trenggalek / Silkhi Fauziah

Fauziah, Silkhi Fauziah (2022) Pengelolaan modal kerja pada UMKM bakpia dan bolen ahmad's family Trenggalek / Silkhi Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada UMKM Bakpia dan Bolen Ahmad rsquo s Family di Kabupaten Trenggalek dengan empat subfokus penelitian yaitu makna modal kerja sumber modal kerja komponen modal kerja dan pengelolaan modal kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan modal kerja di UMKM Bakpia dan Bolen Ahmad rsquo s Family meliputi empat poin. Pertama modal kerja dimaknai dari segi finansial berupa biaya produksi dan segi non finansial berupa inovasi produk baru. Kedua sumber modal kerja berasal dari uang pribadi pemilik pendapatan usaha dan pinjaman bank. Ketiga komponen modal kerja meliputi uang persediaan dan tenaga kerja. Keempat pengelolaan modal kerja dilakukan melalui tahap perencanaan pelaksanaan dan pengawasan terhadap setiap komponennya. Dimulai dari pengadaan modal usaha untuk satu bulan penetapan kebijakan piutang usaha kebijakan persediaan bahan baku dan produk jadi hingga tahap pengawasan melalui laporan arus kas pencatatan uang muka pembayaran dan uang pelunasan dan sisa persediaan bahan baku di gudang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264133

Actions (login required)

View Item View Item