Pengaruh substitusi tepung daun kelor terhadap kandungan gizi Mooramie: Moringa Oleifera l. Mie / Dinatul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh substitusi tepung daun kelor terhadap kandungan gizi Mooramie: Moringa Oleifera l. Mie / Dinatul Islamiyah

Islamiyah, Dinatul (2022) Pengaruh substitusi tepung daun kelor terhadap kandungan gizi Mooramie: Moringa Oleifera l. Mie / Dinatul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mie instan merupakan makanan yang digemari dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Namun kebiasaan mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Selain itu kandungan mie instan rendah kandungan protein dan mineral. Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa tepung daun kelor memiliki nilai nutrisi yang baik. Peningkatan kandungan nutrisi pada mie dapat dilakukan dengan penambahan tepung daun kelor. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kandungan nutrisi (protein lemak air abu karbohidrat serta mineral) dan tingkat kesukaan panelis pada mie substitusi tepung daun kelor. Formulasi pada penelitian ini adalah perbandingan tepung terigu dan tepung daun kelor yaitu 100 0 (kelompok kontrol) 95 5 dan 90 10. Metode penelitian dengan uji proksimat XRF (X-Ray Flourescence) dan Uji Organoleptik. Tingkat kesukaan terhadap Mooramie dinilai oleh 30 orang panelis tidak terlatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun kelor dapat meningkatkan kadar protein lemak abu serta kandungan mineral kalsium dan mangan. Serta mutu organoleptik terdapat berbedaan nyata (P lt 0 05) terhadap warna rasa dan aroma sedangkan tekstur tidak ada perbedaan nyata (P gt 0 05). Formulasi F1 merupakan perlakuan terbaik dari segi kandungan gizi dan peneriman organoleptik dengan kandungan 13 53% protein 2 65% lemak 10 63% air 1 84% abu dan 71 35% karbohidrat serta kandungan mineral yaitu 4 9% fosfat 21 1% kalium 29 0% kalsium 4 6% besi 0 7% nikel 1 8% tembaga 0 8% seng 1% iterbium 4 7% rhenium dan 31 3% molibdenum. Standart mutu Mooramie sudah sesuai SNI kecuali kadar air yang melebihi SNI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264119

Actions (login required)

View Item View Item