Identifikasi genetik superbug dari aliran sungai dalam kampus Universitas Negeri Malang / Reeno Al Hikmatus Sholekah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi genetik superbug dari aliran sungai dalam kampus Universitas Negeri Malang / Reeno Al Hikmatus Sholekah

Sholekah, Reeno Al Hikmatus (2022) Identifikasi genetik superbug dari aliran sungai dalam kampus Universitas Negeri Malang / Reeno Al Hikmatus Sholekah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bakteri yang memiliki kemampuan tahan terhadap antibiotik dapat disebut dengan superbug. Superbug menimbulkan masalah dalam pengobatan penyakit dan pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keberadaan superbug di lingkungan perairan kampus. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif yang dilakukan di aliran sungai sekitar Green House Jurusan Biologi Univesitas Negeri Malang. Antibiotik amoksisilin tetrasiklin kloramfenikol digunakan untuk menguji resistensi bakteri dalam media Luria Bertani Agar. Koloni yang tumbuh pada media Luria Bertani Agar dengan antibiotik maupun kontrol diidentifikasi berdasarkan karakter morfologi koloni bakteri dan pewarnaan gram. Identifikasi molekuler dilakukan dengan DNA barcoding menggunakan gen 16S rRNA. Ditemukan total 16 isolat gram negatif dengan bentuk basil diplobasil kokus dan diplokokus. Rekonstruksi filogenetik menunjukkan ke 16 sampel berkerabat dekat dengan Escherichia coli strain U 5/41 dengan nilai bootstrap 57%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264111

Actions (login required)

View Item View Item