Hazanah, Aniatul (2011) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dipadu inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Malang / Aniatul Hazanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci STAD Inkuiri Terbimbing Motivasi Belajar Hasil Belajar SMPN 1 Malang memiliki kelas VIII i dengan jumlah siswa 30 orang. Siswasiswa tersebut tidak semua memiliki kemampuan akademik tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil bejar siswa yang belum mencapai KKM. Hasil belajar yang belum mencapai KKM disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam belajar. Kurangmya motivasi belajar siswa secara otomatis menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII I SMPN 1 Malang (2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I SMPN 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII i SMPN 1 Malang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 orang. Siswa laki-laki berjumlah 12 orang dan siswa perempuan berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP LKS catatan lapangan lembar keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa lembar observasi motivasi belajar paper and pencil test skala lickert dan lembar observasi ranah psikomotor. Prosedur penelitian terdiri dari tahap pra penelitian dan tahap penelitian. Tahap penelitian terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap plan action observ reflect. Paparan data dan temuan penelitian di lakukan dengan menjelaskan secara deskriptif beberapa tahap yang telah dilakukan dalam penelitian kemudian di hitung jumlah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa diketahui hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif STAD dipadu Inkuri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II 63 52% dan 78 1% dan dan terjadi peningkatan sebesar 6 32 %. (2) Penerapan metode pembelajaran kooperatif STAD dipadu Inkuri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar kognitif siklus I dan siklus II adalah 83 14 dan 89 74 terjadi peningkatan sebesar 6 6. Hasil belajar afektif siklus I dan siklus II adalah 71 74 dan 85 37 dan terjadi peningkatan sebesar 13 63. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotor siklus I 60 86 % siklus II 78 64 %. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif penerapan metode kooperatif STAD dipadu inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Berdasarkan hasil analisis deskriptif penerapan metode kooperatif STAD dipadu inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26409 |
Actions (login required)
View Item |