Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik diagram roundhouse melalui diskusi panel untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 9 Malang / Arga Triyandana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik diagram roundhouse melalui diskusi panel untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 9 Malang / Arga Triyandana

Triyandana, Arga (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik diagram roundhouse melalui diskusi panel untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 9 Malang / Arga Triyandana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci diagram Roundhouse diskusi panel motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 9 Malang diketahui bahwa siswa kelas X4 memiliki motivasi belajar yang rendah. Motivasi belajar terdiri atas perhatian irama perasaan eksistensi usaha penampilan dan waktu belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 9 Malang tersebut dibuktikan dengan sering terlambatnya siswa dalam mengumpulkan tugas umumya siswa mengandalkan Lembar Kerja Siswa yang diberikan oleh guru beberapa siswa hanya mengandalkan hasil kerja siswa yang rajin siswa sering ramai dan bercanda di dalam kelas ketika proses pembelajaran. Motivasi belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi siswa kelas X4 sampai dengan X 7 di SMA Negeri 9 Malang dapat diketahui bahwa siswa kelas X4 memiliki hasil belajar biologi yang paling rendah di antara siswa kelas X. Upaya mengatasi rendahnya motivasi belajar belum pernah dilakukan oleh guru terhadap siswa kelas X4 khususnya guru biologi. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan tersebut dilakukan penerapan pembelajaran inovatif yaitu pembelajaran kooperatif dengan teknik Diagram Roundhouse melalui Diskusi Panel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap Perencanaan Tindakan Observasi dan Refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 9 Malang Tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 35 orang siswa yang terdiri atas 14 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 mulai bulan Mei sampai dengan Juni 2011 di SMA Negeri 9 Malang. Pelaksanaan tindakan dilakukan pada bulan Mei 2011 dengan materi Ekosistem. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran lembar catatan lapangan lembar observasi motivasi belajar siswa tes tulis hasil belajar kognitif lembar penilaian Diagram Roundhouse secara kelompok angket hasil belajar afektif dan lembar penilaian hasil belajar psikomotor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Diagram Roundhouse melalui Diskusi Panel dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I ketuntasan klasikal motivasi belajar siswa adalah 65 70% sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 71 40%. Hasil analisis data penelitian mengenai hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai siswa pada Siklus I adalah 65 70% dan pada Siklus II adalah 65 70%. Hasil analisis data ii penelitian mengenai hasil belajar afektif siswa menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai siswa pada Siklus I adalah 34 30% sedangkan pada Siklus II adalah 57 1%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai hasil belajar psikomotor siswa diketahui bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai siswa pada Siklus I adalah 62 9% sedangkan pada Siklus II adalah 100%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik Diagram Roundhouse melalui Diskusi Panel dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 9 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item