Komunitas kupu-kupu familia nymphalidae di hutan pantai Pesanggrahan, Kabupaten Malang, Jawa Timur / Wahyu Nengsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunitas kupu-kupu familia nymphalidae di hutan pantai Pesanggrahan, Kabupaten Malang, Jawa Timur / Wahyu Nengsih

Nengsih, Wahyu (2022) Komunitas kupu-kupu familia nymphalidae di hutan pantai Pesanggrahan, Kabupaten Malang, Jawa Timur / Wahyu Nengsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis kupu-kupu familia Nymphalidae yang ada di hutan pantai Pesanggrahan mengkaji indeks keanekaragaman kemerataan kekayaan spesies dan kelimpahan relatif serta faktor abiotik yang mempengaruhi keberadaan kupu-kupu. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel kupu-kupu dilakukan di hutan pantai Pesanggrahan (sepanjang 1 5 km) pada bulan februari-maret 2022 dengan metode walking transect. Pengambilan sampel dilakukan pada pukul 08.00-11.00 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan sebanyak 28 spesies kupu-kupu familia Nymphalidae dengan 436 individu. Spesies yang paling banyak ditemukan yaitu Parantica aglea dan Danaus chrysippus dengan nilai kelimpahan 7 57% dan 7 34%. Indeks keanekaragaman kupu-kupu tergolong tinggi dengan nilai sebesar 3 18 indeks kekayaan jenis juga tergolong tinggi sebesar 0 96 serta indeks kekayaan jenis juga tergolong dalam kategori tinggi sebesar 4 44. Faktor abiotik yang mempengaruhi kupu-kupu di hutan pantai Pesanggrahan yaitu kelembaban udara suhu intensitas cahaya dan kecepatan angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264068

Actions (login required)

View Item View Item