Perbandingan ekspresi gen slug pada pasien colorectal cancer non-metastasis dan liver metastasis / Ikke Astrid Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan ekspresi gen slug pada pasien colorectal cancer non-metastasis dan liver metastasis / Ikke Astrid Dewi

Dewi, Ikke Astrid (2022) Perbandingan ekspresi gen slug pada pasien colorectal cancer non-metastasis dan liver metastasis / Ikke Astrid Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Colorectal cancer (CRC) memiliki jumlah kasus terbanyak ketiga dan kasus kematian kedua di dunia Jenis kelamin laki-laki lebih banyak menderita CRC dibandingkan perempuan. CRC dapat disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Perkembangan dan metastasis CRC ditandai dengan epithelial mesenchymal transition (EMT). Penyebab EMT yaitu adhesi antar sel menurun sehingga meningkatkan kemampuan sel tumor dalam menginvasi yang mengakibatkan apoptosis dan proliferasi. Penurunan adhesi antar sel disebabkan terjadinya penurunan ekspresi E-cadherin dan peningkatan ekspresi Slug. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ekspresi gen Slug pada pasien CRC non metastasis dan metastasis liver. Metode penelitian ini menggunakan RTqPCR yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat resiko berdasarkan jenis kelamin BMI kadar AST dan ALT dan relative ekspresi gen Slug. Tingkat resiko berdasarkan jenis kelamin dipengaruhi oleh faktor lingkungan hormon dan sistem imun. Kadar AST dan ALT digunakan untuk mengetaui tingkat kerusakan liver. Ekspresi gen Slug pada CRC non metastasis lebih tinggi dibandingkan CRC metastasis liver. Penelitian lebih lanjut tentang ekspresi gen Slug digunakan untuk mendukung profilisasi dalam mengetahui tingkat prognosis CRC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264063

Actions (login required)

View Item View Item