Pengaruh penambahan maizena terhadap karakteristik fisikokimia edible spoon berbasis mocaf / Aisyah Khoirunnisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan maizena terhadap karakteristik fisikokimia edible spoon berbasis mocaf / Aisyah Khoirunnisa'

Khoirunnisa', Aisyah (2022) Pengaruh penambahan maizena terhadap karakteristik fisikokimia edible spoon berbasis mocaf / Aisyah Khoirunnisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan sendok plastik sekali pakai turut andil dalam permasalahan pencemaran lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia. Kebiasaan penggunaan alat makan plastik sekali pakai salah satunya sendok plastik di masyarakat perlu dikurangi. Alternatif upaya pengurangan penggunaan sendok makan plastik sekali pakai adalah dengan pemakaian edible spoon. Edible spoon merupakan sendok makan sekali pakai yang dapat dikonsumsi ramah lingkungan dan biodegradable. Pada beberapa penelitian sebelumnya pembuatan edible spoon dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam tepung seperti tepung sorghum terigu gandum alginat dan tapioka sebagai bahan baku. Perlu adanya pemanfaatan jenis tepung lain berbahan pangan lokal sebagai bahan dasar pembuatan edible spoon agar tercipta diversifikasi produk edible spoon yang memiliki keunggulan dan kualitas lebih baik. Salah satu bahan pangan lokal yang berpotensi adalah MOCAF dengan penambahan maizena sebagai bahan pengikat adonan. Pada penelitian ini diteliti mengenai karakteristik fisikokimia edible spoon berbasis MOCAF dengan penambahan maizena yang meliputi daya patah waktu leleh kadar air dan kadar pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor yang diuji adalah variasi penambahan maizena. Berdasarkan data yang diperoleh hasil uji fisikokimia dianalisis menggunakan ANOVA. Penentuan perlakuan terbaik dilakukan dengan menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Hasil produk edible spoon terbaik adalah K2 dengan jumlah penambahan maizena yang optimum yaitu 40 gram dalam 100 gram MOCAF.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264052

Actions (login required)

View Item View Item