Kajian tentang pengolahan limbah cair di Rumahs Sakit Umum DR Saiful Anwar Malang / Susanti Indah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang pengolahan limbah cair di Rumahs Sakit Umum DR Saiful Anwar Malang / Susanti Indah Lestari

Lestari, Susanti Indah (2011) Kajian tentang pengolahan limbah cair di Rumahs Sakit Umum DR Saiful Anwar Malang / Susanti Indah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci limbah cair parameter lingkungan lumpur aktif Pengolaan air limbah rumah sakit merupakan bagian yang sangat penting dalam upaya penyehatan lingkungan rumah sakit yang mempunyai tujuan melindungi masyarakat dari bahaya pencemaran lingkungan. Pengelolaan semua limbah yang berasal dari rumah sakit yang kemungkinan mengandung mikroorganisme bahan kimia dan radioaktif. Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang merupakan rumah sakit pemerintah tipe A yang berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat kota Malang sehingga berdampak adanya peningkatan kuantitas dan perubahan kualitas limbah cair. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang selain itu untuk mengetahui kualitas limbah cair di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang secara fisik kimiawi dan biologis. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Maret 2011 sampai dengan bulan April 2011. Data penelitian ini berupa paparan hasil observasi dan pengamatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pengelolaan limbah cair di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang menggunakan sistem lumpur aktif yang diawali dengan proses pengumpulan pada control basin dan dilanjutkan pada pretreatment basin disini bak pre-treatment terdiri dari pre-treatment dapur (gizi) laundry dan OK(operasi) overflow ke bak in-let disni terjadi proses pengolahan secara lumpur aktif dan ditampung pada bak out-let untuk bagian akhir. Kedua Kualitas limbah cair secara fisik telah sesuai dengan nilai baku mutu lingkungan suhu (30 1048795 C) dan TSS (30mg/l). Ketiga Kualitas limbah cair secara kimiawi (pH TSS dan COD) telah sesuai dengan nilai baku mutu lingkungan sedangkan secara kimiawi lainnya (BOD5 dan NH3) belum memenuhi nilai baku mutu lingkungan. Keempat kualitas limbah cair secara biologis faecal coliform dengan baku mutu 4000MPN/100ml telah memenuhi syarat baku mutu lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item