Reduksi zat warna metilen biru menggunakan nanokomposit ZnO/Zeolit alam / Nia Rahayu W - Repositori Universitas Negeri Malang

Reduksi zat warna metilen biru menggunakan nanokomposit ZnO/Zeolit alam / Nia Rahayu W

Rahayu W, Nia (2022) Reduksi zat warna metilen biru menggunakan nanokomposit ZnO/Zeolit alam / Nia Rahayu W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan zat pewarna tekstil dalam dunia industri telah memberikan dampak pada lingkungan karena limbah zat pewarna yang sulit terurai. Metilen biru adalah salah satu zat pewarna azo yang banyak digunakan dalam industri. Zat pewarna metilen biru ketika dilepas ke badan air dapat mengakibatkan turunnya tingkatan fotosintesis tumbuhan air dan mengganggu ekosistem air karena akan menyebabkan kurangnya kandungan oksigen terlarut. Polutan limbah metilen biru perlu direduksi supaya menghasilkan komponen yang lebih aman ketika dilepaskan ke lingkungan. Metode fisika berupa adsorpsi memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dalam menghilangkan polutan. Penerapan adsorpsi dikembangkan pada metode fotodegradasi menggunakan katalis yang pada reaksinya melibatkan suatu cahaya. Pada metode fotodegradasi zat pewarna dipecah menjadi komponen-komponen yang lebih sederhana dan aman bagi lingkungan. Adsorben zeolit memiliki memiliki tekstur yang baik dan jumlah situs aktif yang tinggi. Zeolit alam memiliki kelebihan yakni biaya rendah kelimpahan yang besar dan polusi yang sedikit selama produksi. Zeolit alam pada reaksi fotodegradasi memerlukan bahan semikonduktor. Nanopartikel ZnO merupakan bahan semikonduktor yang memiliki kelebihan proses degradasi dengan waktu pemrosesan yang minimal dan memiliki stabilitas kimia yang baik. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan nanokomposit ZnO/zeolit alam menggunakan zeolit alam yang berasal dari Desa Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Zeolit alam yang telah teraktivasi dikompositkan dengan ZnO dengan metode lelehan garam. Nanokomposit ZnO/zeolit alam hasil sintesis dilakukan uji kemampuan degradasi metilen biru pada berbagai waktu kontak. Hasil penelitian menunjukkan adsorpsi metilen biru menggunakan zeolit alam teraktivasi waktu optimumnya adalah 60 menit dengan persen adsorpsi 60 80%. Nanokomposit ZnO/zeolit alam dapat mengurangi kadar zat warna metilen biru dengan persen degradasi tertinggi 63 71% selama waktu optimum 90 menit dengan bantuan sinar UV (fotodegradasi). Sedangkan tanpa menggunakan sinar UV menghasilkan persen degradasi 54 50% selama waktu optimum 75 menit. Sinar UV yang diadsorp oleh semikonduktor ZnO mengakibatkan terbentuknya pasangan elektron-hole yang berperan dalam proses reduksi zat warna metilen biru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264029

Actions (login required)

View Item View Item