Karakterisasi nitroselulosa hasil sintesis berbahan dasar selulosa ampas tebu / Annisah Puteri Epriella - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi nitroselulosa hasil sintesis berbahan dasar selulosa ampas tebu / Annisah Puteri Epriella

Epriella, Annisah Puteri (2022) Karakterisasi nitroselulosa hasil sintesis berbahan dasar selulosa ampas tebu / Annisah Puteri Epriella. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ampas tebu merupakan biomassa yang dihasilkan dari proses produksi gula yang tersusun atas polimer selulosa lignin dan hemiselulosa dengan kandungan pada masing-masing senyawa sebesar 54 77% 21 16% dan 16 26%. Nitroselulosa dengan rumus molekul merupakan suatu polimer yang dapat dibuat melalui reaksi nitrasi selulosa. Selama proses nitrasi akan terjadi substitusi gugus nitro (NO2) menggantikan atom hidrogen pada pada gugus hidroksil dalam selulosa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mensintesis nitroselulosa dari selulosa ampas tebu serta untuk mengetahui karakteristiknya. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan yaitu (1) preparasi sampel. (2) Isolasi selulosa. (3) Karakterisasi selulosa dengan FTIR dan uji kadar . (4) Sintesis nitroselulosa (5) Karakterisasi nitroselulosa dengan FTIR uji kadar kalor dan uji bakar. Selulosa telah berhasil diisolasi dari ampas tebu melalui proses ekstraksi delignifikasi dan bleaching diperoleh kadar sebesar 93 80% yang telah memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan nitroselulosa yang memenuhi kualifikasi bahan baku pembuatan propelan. Spektrum FTIR selulosa hasil isolasi menunjukkan adanya kemiripan dengan spektrum selulosa standar. Konversi selulosa ampas tebu menjadi nitroselulosa dilakukan dengan proses nitrasi menggunakan asam nitrat dan asam sulfat sebagai katalis. Hasil uji FTIR menunjukkan telah terjadi substitusi gugus nitro pada selulosa yaitu pada bilangan gelombang 1633 71 dan 1286 52 cm-1. Sedangkan uji bakar menunjukkan bahwa nitroselulosa dapat terbakar dengan cepat. Keberadaan gugus nitro memberikan sifat eksplosif pada nitroselulosa sehingga lebih mudah terbakar dengan waktu yang lebih singkat daripada selulosa akibatnya terjadi penurunan kadar kalor. Kadar kalor selulosa sebesar 4 235 kal/gram. Sedangkan kadar kalor nitroselulosa berturut-turut sebesar 2 645 2 601 dan 2 849 kal/gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264028

Actions (login required)

View Item View Item