Karakterisasi dan aplikasi adsorben biochar daun mangrove pada ion logam nikel / Resi Destiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi dan aplikasi adsorben biochar daun mangrove pada ion logam nikel / Resi Destiani

Destiani, Resi (2022) Karakterisasi dan aplikasi adsorben biochar daun mangrove pada ion logam nikel / Resi Destiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbah daun yang berlimpah dari pohon mangrove di sekitar pantai Prigi berpotensi digunakan sebagai adsorben biochar untuk menghilangkan kandungan logam berat nikel. Logam berat nikel dalam konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan masalah pencemaran perairan sehingga perkembangan adsorben sangat dibutuhkan untuk saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi biochar daun mangrove menggunakan XRF SEM dan FT-IR serta mengetahui optimasi ukuran dan waktu kontak biochar daun mangrove terhadap proses adsorpsi ion logam nikel. Tahapan penelitian ini terdiri dari pengambilan sampel daun mangrove di pantai Prigi pembuatan biochar dari daun mangrove menggunakan metode pirolisis proses aktivasi biochar karakterisasi biochar dengan XRF FT-IR dan SEM serta pengaplikasian biochar daun mangrove untuk ion logam nikel. Hasil dari penelitian ini pada analisis XRF terdapat kandungan logam Ni dan oksida NiO pada hasil FT-IR menunjukkan adanya gugus fungsi utama O-H C-H alifatik C O dan C-O. Pada analisis SEM didapatkan bahwa biochar memiliki morfologi yang kasar dan berpori. Dalam uji adsorpsi menunjukkan bahwa adsorben pada ukuran bulk mampu menyerap ion logam nikel lebih banyak dibandingkan dengan ukuran 200 dan 400 mesh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264014

Actions (login required)

View Item View Item