Pengaruh proses honey kopi arabika terhadap kandungan senyawa kimia / Fazria Rizqi Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh proses honey kopi arabika terhadap kandungan senyawa kimia / Fazria Rizqi Maharani

Maharani, Fazria Rizqi (2022) Pengaruh proses honey kopi arabika terhadap kandungan senyawa kimia / Fazria Rizqi Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kopi merupakan minuman yang banyak dikonsumsi. Jenis kopi yang paling banyak dinikmati adalah kopi arabika dan kopi robusta. Kopi arabika memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding kopi robusta dikarenakan menurut masyarakat kopi arabika memiliki rasa dan aroma yang lebih nikmat. Rasa dan aroma kopi tidak hanya ditentukan dari jenis kopi tetapi juga ditentukan dari proses pasca panen atau pengolahan yang diberikan. Terdapat beberapa jenis proses pengolahan kopi diantaranya proses honey dan proses natural. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan proses pengolahan kopi juga ikut berkembang. Tujuan dari perkembangan proses pengolahan kopi selain untuk meningkatkan cita rasa juga untuk meningkatkan manfaat dan mengurangi efek negatif yang bisa ditimbulkan oleh kopi. Salah satu perkembangan yang saat ini banyak dilakukan adalah pengolahan kopi menggunakan proses fermentasi proses tersebut mampu menghilangkan dan menghasilkan senyawa baru pada biji kopi sehingga mempengaruhi rasa dan aroma kopi. Pada penelitian ini digunakan kopi dari Perkebunan Wonosantri Singosari yaitu arabika dengan proses natural yang diolah tanpa proses fermentasi dan arabika dengan proses honey yang diolah melalui proses fermentasi alami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang dihasilkan dari proses pasca panen yang dilakukan petani pada kopi arabika natural dan kopi arabika honey. Karakterisasi dilakukan menggunakan LCMS dan GCMS untuk mengetahui komponen senyawa yang terkandung pada biji kopi tersebut kemudian digunakan juga spektroskopi UV-Vis untuk mengetahui perbedaan kadar kafein pada biji kopi dengan jenis pengolahan pasca panen berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi arabika honey memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding kopi arabika natural. Pada hasil GCMS dan LCMS didapati profil senyawa yang ada pada kopi diantaranya trigonelin kafein kolina stearamida asam palmitat dan asam klorogenat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264011

Actions (login required)

View Item View Item