Karakterisasi antosianin ekstrak kulit kopi melalui maserasi dan soxhletasi / Ermyllennia Salsabilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi antosianin ekstrak kulit kopi melalui maserasi dan soxhletasi / Ermyllennia Salsabilla

Salsabilla, Ermyllennia (2022) Karakterisasi antosianin ekstrak kulit kopi melalui maserasi dan soxhletasi / Ermyllennia Salsabilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Antosianin merupakan senyawa organik sebagai zat warna pada tumbuhan yang dapat memberikan warna jingga merah hitam hingga ungu dan sudah banyak digunakan sebagai pewarna alami dan manfaat kesehatan sebagai antioksidan antikarsinogenik agen anti inflamasi dan efek anti hipoglikemia. Kulit kopi merupakan limbah dari proses pengolahan kopi yang berwarna merah memiliki potensi mengandung antosianin. Tujuan dari penelitian ini yaitu karakterisasi antosianin pada ekstrak kulit kopi maserasi dan soxhletasi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu (1) preparasi sampel (2) ekstraksi antosianin dengan menggunakan metode maserasi dan soxhletasi dan (3) karakterisasi antosianin menggunakan FTIR. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ekstrak kulit kopi hasil maserasi dan soxhletasi berwarna merah-orange yang mengindikasikan adanya zat warna antosianin pada sampel. Adanya penambahan HCl dan NaOH pada sampel dihasilkan larutan berwarna merah pada penambahan HCl dan dihasilkan larutan berwarna coklat kehitaman pada penambahan NaOH. Berdasarkan karakterisasi menggunakan FTIR diketahui bahwa spektra FTIR sesuai dengan standar antosianin. Pada spektra FTIR terlihat gugus O-H pada bilangan gelombang 3200-3550 cm-1 C-H (alkana) pada bilangan gelombang 2850-3000 cm-1 C C pada bilangan gelombang 1630-1680 cm-1 O-C pada bilangan gelombang 1040-1100 cm-1 dan C-H (aromatik) pada bilangan gelombang 690-900 cm-1 yang memiliki kesesuaian dengan struktur antosianin. Berdasarkan warna dan gugus yang dominan pada spektra tersebut kemungkinan terdapat antosianin jenis sianidin pada sampel. Hasil ekstrak kulit kopi maserasi dan soxhletasi memiliki kemiripan dari warna hasil ekstrak yaitu merah-orange perubahan warna yang dihasilkan dari penambahan HCl dan NaOH dan juga spektra FTIR yang dihasilkan cukup mirip dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan sehingga metode maserasi dan soxhletasi dapat digunakan untuk mengisolasi antosianin pada kulit kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264009

Actions (login required)

View Item View Item