Nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan terikat silang sebagai adsorben kobalt(II) / Arina Ulfa Elyanora - Repositori Universitas Negeri Malang

Nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan terikat silang sebagai adsorben kobalt(II) / Arina Ulfa Elyanora

Elyanora, Arina Ulfa (2022) Nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan terikat silang sebagai adsorben kobalt(II) / Arina Ulfa Elyanora. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengembangkan adsorben untuk ion kobalt(II) berupa nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan terikat silang Bisfenol A Diglisidil Eter (BADGE) dengan teknik ekstraksi fasa padat magnetit (Magnetic Solid Phase Extraction MSPE). Adsorben ini terdiri dari nanomagnetit sebagai inti dan lapisan fungsional pada permukaanya. Tujuan penelitian ini adalah menyintesis nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan (CMKC) diikat silang dengan BADGE sebagai adsorben ion Co(II) dan menguji kemampuannya pada pemakaian berulang. Tahapan penelitian ini adalah tahap pertama sintesis nanomagnetit dan karakterisasinya menggunakan instrumen SEM FTIR dan XRD tahap kedua sintesis CMKC dan karakterisasinya menggunakan instrumen FTIR tahap ketiga sintesis nanomagnetit terlapis CMKC diikat silang BADGE hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan instrumen FTIR dan SEM. Tahap keempat adsorben diuji kemampuan adsorpsinya terhadap sampel air yang mengandung ion Co (II). Nanomagnetit terlapis CMKC terikat silang dengan BADGE yang telah berhasil disintesis memiliki permukaan adsorben yang kasar berpori dan berlipat-lipat. Spektrum FTIR adsorben menunjukkan pergeseran puncak vibrasi asimetrik C O dari 1634 cm-1 ke 1646 cm-1 setelah adanya pengikatan silang. Uji kemampuan adsorpsi adsorben nanomagnetit terlapis CMKC terikat silang BADGE terhadap sampel air yang berisi ion Co(II) menunjukkan kapasitas adsorpsi 3 1 mg Co(II)/ gram adsorben. Pemakaian berulang adsorben nanomagnetit terlapis CMKC terikat silang menurunkan kapasitas adsorpsi sebesar 24% dari kapasitas adsorbsi pada pemakaian pertama yaitu 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264005

Actions (login required)

View Item View Item