Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang / Isma Nastiti Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang / Isma Nastiti Maharani

Maharani, Isma Nastiti (2012) Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tanjungrejo 1 Malang / Isma Nastiti Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Posing Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran matematika yang selama ini diterapkan di sekolah yaitu guru hanya memberi contoh dan latihan soal secara rutin tetapi tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan permasalahan permasalahan yang terkait dengan materi yang disampaikan. Melalui model pembelajaran problem posing ini siswa diberikan kesempatan secara bebas untuk mengemukakan permasalahan-permasalahan terkait dengan materi yang disampaikan guru. Marpaung (dalam Ratumanan 2003) berpendapat bahwa matematika tidak ada artinya kalau hanya dihafal tetapi pengalaman-pengalaman belajar yang dialami siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dan apakah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V B SDN Tanjungrejo 1 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V B SDN Tanjungrejo 1 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) . Penelitian Tindakan Kelas dapat didefinisikan sebagai kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut (Ebbut 1985 dalam Wiriatmadja 2005 12). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari sebelum dan sesudah tindakan. Motivasi belajar siswa sebelum tindakan terdapat 19 siswa yang sudah termotivasi atau sebanyak 76% motivasi meningkat sesudah tindakan terdapat seluruh siswa sudah termotivasi atau sebanyak 100%. Hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 44 8 pada siklus I meningkat menjadi 51 4 dan pada siklus II meningkat menjadi 67 9. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu Penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V B SDN Tanjungrejo 1 Malang. Disarankan bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran problem posing terutama pada tahap kegiatan inti agar membimbing siswa dalam mengemukakan pertanyaan-pertanyaan siswa sehingga pertanyaan yang dikemukakan dapat diselesaikan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item