Nanomagnetit terlapis silika sebagai adsorben tembaga(ii) dan kobalt(ii) / Etika Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Nanomagnetit terlapis silika sebagai adsorben tembaga(ii) dan kobalt(ii) / Etika Firdaus

Firdaus, Etika (2022) Nanomagnetit terlapis silika sebagai adsorben tembaga(ii) dan kobalt(ii) / Etika Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Silika adalah salah satu adsorben yang dapat digunakan untuk mengadsorpsi logam berat. Silika dapat diekstraksi dari pasir pantai. Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis nanomagnetit terlapis silika sebagai adsorben ion logam berat dari air. Sintesis nanomagnetit dilakukan dengan metode kopresipitasi dengan mereaksikan campuran larutan FeCl3.6H2O-FeSO4.7H2O dan NaOH. Karakteristik nanomagnetit hasil sintesis diuji dengan spektrofotometer FTIR SEM dan XRD. Silika diekstraksi dari pasir Pantai Ungapan Kabupaten Malang dan diuji karakteristiknya menggunakan spektrofotometer FTIR XRF dan XRD. Sintesis nanomagnetit terlapis silika menggunakan nanomagnetit dan silika gel diuji karakteristiknya menggunakan spektrofotometer FTIR SEM dan XRD. Uji kemampuan adsorpsi nanomagnetit terlapis silika dilakukan dengan instrumen SSA. Nanomagnetit terlapis silika telah berhasil disintesis hasil spektrum FTIR mengkonfirmasi bahwa terdapat ikatan Fe-O dari magnetit yang muncul pada bilangan gelombang 463 cm-1 vibrasi ulur Si-O-Si pada bilangan gelombang 1094 cm-1 gugus ndash OH pada bilangan gelombang 1655 dan 3426 cm-1 dari ikatan Si-OH dan Fe-OH. Hasil data SEM diperoleh perhitungan keseragaman diameter permukaan nanomagnetit terlapis silika sebesar 73 nm. Puncak intensitas XRD nanomagnetit terlapis silika nampak pada 2 theta yaitu 45 47 deg 56 51 deg 75 31 deg 84 05 deg sesuai dengan data XRD nanomagnetit. Adsorben nanomagnetit terlapis silika mempunyai kemampuan adsorpsi terhadap Cu(II) sebesar 0 977 mg Cu(II)/gram adsorben dan kemampuan adsorpsi terhadap Co(II) sebesar 0 971 mg Co(II)/gram adsorben. Pemakaian kembali adsorben nanomagnetit terlapis silika pada sampel larutan Cu(II) menyebabkan penurunan kemampuan adsorpsi Cu(II) sebesar 0 5%. Pada adsorspsi Co(II) menyebabkan penurunan kemampuan adsorpsi Co(II) sebesar 0 9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263998

Actions (login required)

View Item View Item