Nanomagnetit terlapis silika berbahan pasir pantai sebagai adsorben zat warna malachite green / Evin Indiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Nanomagnetit terlapis silika berbahan pasir pantai sebagai adsorben zat warna malachite green / Evin Indiani

Indiani, Evin Indiani (2022) Nanomagnetit terlapis silika berbahan pasir pantai sebagai adsorben zat warna malachite green / Evin Indiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Silika merupakan salah satu adsorben yang dapat digunakan dalam proses adsorpsi zat warna. Silika dapat dibuat melalui ekstraksi pasir pantai. Salah satu metode penurunan kadar pewarna yang berkembang saat ini adalah adsorpsi zat warna dengan menggunakan adsorben nanomagnetit terlapis. Sintesis nanomagnetit secara kopresipitasi dilakukan melalui reaksi campuran larutan FeSO .7H O 0 125 M- larutan FeCL .6H O 0 25 M dengan NaOH 0 5 M. Penelitian ini mengembangkan nanomagnetit terlapis silika yang diekstrak dari pasir Pantai Ungapan Kabupaten Malang menentukan karakteristik fisiko-kimianya dan menguji kemampuan adsorpsinya terhadap malachite green. Hasil sintesis adsorben nanomagnetit terlapis silika terkonfirmasi dengan data spektrum FTIR terdapat ikatan Fe-O dari magnetit yang ditunjukkan dengan puncak serapan pada bilangan gelombang 456 67 cm-1 vibrasi ulur Si-O-Si pada bilangan gelombang 1090 cm-1 gugus -OH pada bilangan gelombang 1647 20 dan 3448 52 cm-1 yang menunjukkan adanya ikatan Si-OH dan Fe-OH. Diameter permukaan nanomagnetit terlapis silika terukur 73 nm data XRD nanomagnetit terlapis silika menunjukkan munculnya puncak dengan intensitas yang tinggi pada 2 sebesar 35 deg dan pelebaran puncak pada sudut 2 theta dari 21-23 deg data ini mengkonfirmasi terbentuknya magnetit. Kapasitas adsorpsi adsorben nanomagnetit terlapis silika terhadap malachite green adalah 0 298 mg malachite green setiap 1 gram adsorben. Adsorpsi malachite green oleh adsorben nanomagnetit terlapis silika mengikuti pola kurva isoterm Langmuir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263996

Actions (login required)

View Item View Item