Pembuatan tepung ubi kayu, analisis kimia serta aktivitasnya sebagai antioksidan dan antidiabetes / Fazza Putri Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan tepung ubi kayu, analisis kimia serta aktivitasnya sebagai antioksidan dan antidiabetes / Fazza Putri Maulida

Maulida, Fazza Putri (2022) Pembuatan tepung ubi kayu, analisis kimia serta aktivitasnya sebagai antioksidan dan antidiabetes / Fazza Putri Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ubi kayu merupakan salah satu sumber pati yang penting. Tanaman tersebut dapat tumbuh pada kondisi iklim yang keras. Ubi kayu bisa dibudidayakan baik di daerah tropis maupun subtropis dan telah menjadi makanan pokok di berbagai daerah karena kandungan patinya yang tinggi. Ubi kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi pangan manusia pakan ternak dan bahan bakar alternative. Selain produk tradisional. Ubi kayu segar juga diolah menjadi tepung ubi kayu berkualitas tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan tepung ubi kayu mengetahui karakteristiknya dan mengetahui aktivitas antioksidan dan antidiabetesnya. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu 1. Pembuatan tepung 2. Ekstraksi tepung 3. Uji aktivitas antioksidan DPPH dan ABTS 4. Analisis kimia. Metode pengukuran aktivitas nilai absorbansi dari DPPH radikal dan ABTS radikal kation menggunakan Elisa Reader. Hasil penelitian ini adalah kandungan total fenolik pada tepung ubi kayu pengeringan freeze drying lebih tinggi yaitu 535 24 mg/g GA dari pada tepung ubi kayu pengeringan oven yaitu 519 05 mg/g GA. Hasil aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH dan ABTS tepung freeze drying lebih tinggi yaitu dengan % scavenging 42 08% dan 16 74%. Untuk uji antidiabetes inhibitor alfa-glukosidase tepung freeze drying lebih tinggi yaitu 27 69% dan tepung oven 23 37%. Kadar air dan karbohidrat tepung freeze drying lebih besar dari pada kadar air dan karbohidrat tepung oven sementara kadar lemak abu dan protein tepung freeze drying lebih kecil dari pada kadar lemak dan protein tepung oven.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263988

Actions (login required)

View Item View Item