Perubahan profil minyak terbang pada biji kopi arabika selama pemanggangan kopi / Ega Rinata Dwi Ashudik - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan profil minyak terbang pada biji kopi arabika selama pemanggangan kopi / Ega Rinata Dwi Ashudik

Ashudik, Ega Rinata Dwi (2022) Perubahan profil minyak terbang pada biji kopi arabika selama pemanggangan kopi / Ega Rinata Dwi Ashudik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa minyak terbang kopi telah diproduksi selama pemanggangan biji kopi. Minyak terbang kopi arabika panggang jarang digunakan. Minyak terbang kopi membawa aroma kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil minyak terbang kopi arabika yang dihasilkan selama pemanggangan pada suhu sekitar 210 dan 230 C. Minyak tersebut dikumpulkan dari permukaan biji sangrai dan alat pemanggangan kopi sebelum dilarutkan dalam pelarut n-heksana. Larutan ini dianalisis menggunakan instrumentasi GC-MS dan FTIR Hasil profil GC-MS mengungkapkan beberapa kelompok senyawa alkana sikloalkana haloalkana aldehida keton alkohol fenol ester dan hidrokarbon aromatik yang berasosiasi dengan munculnya beberapa gugus fungsi pada FTIR. Pengolahan yang lebih baik juga dianjurkan untuk mendapatkan minyak terbang kopi dalam tiap suhu panggang kopi. Minyak terbang kopi akan bermanfaat bagi beberapa industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263987

Actions (login required)

View Item View Item