Sintesis ramah lingkungan mil-100(fe) dan potensinya sebagai adsorben pewarna azo methyl red / Corina Jati Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis ramah lingkungan mil-100(fe) dan potensinya sebagai adsorben pewarna azo methyl red / Corina Jati Lestari

Lestari, Corina Jati (2022) Sintesis ramah lingkungan mil-100(fe) dan potensinya sebagai adsorben pewarna azo methyl red / Corina Jati Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir Metal-Organic Frameworks (MOFs) telah banyak dimanfaatkan sebagai adsorben zat warna katalis penyimpanan dan pemisahan gas. Berbagai metode sintesis yang telah dilaporkan menggunakan prekursor yang tidak ramah lingkungan. Metode sintesis yang ramah lingkungan dengan pelarut air dan suhu rendah menjadi terobosan untuk mengatasi permasalahan tersebut. MOFs berbasis Fe dengan ligan benzenatrikarboksilat MIL-100(Fe) merupakan MOFs yang stabil dan berpotensi sebagai adsorben pewarna azo methyl red karena memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan MOFs yang lain. Penelitian yang telah dilaporkan MIL-100(Fe) memiliki luas permukaan 1940 m2/g dan ukuran pori 2 29 nm dengan luas permukaan yang lebih besar dibandingkan MIL-53(Fe) yang memiliki luas permukaan 33 m2/g dan ukuran pori 9 8 nm dan telah diaplikasikan sebagai adsorben methyl red. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari optimasi metode sintesis MIL-100(Fe) pada suhu ruang dengan pelarut air pada suhu ruang mengetahui pengaruh waktu kontak suhu massa MOFs pH konsentrasi adsorbat terhadap kapasitas kinetika dan termodinamika adsorpsi. Dalam optimasi sintesis MIL-100(Fe) maka dilakukan variasi sumber logam Fe waktu sintesis dan perbandingan mol H3BTC NaOH. Kondisi optimum dalam sintesis MIL-100(Fe) didapatkan dengan perbandingan Fe H3BTC NaOH adalah 1 5 1 3 dalam 48 mL pelarut air. MIL-100(Fe) hasil sintesis diuji kemampuannya sebagai adsorben methyl red dengan parameter variasi waktu kontak suhu massa adsorben pH dan konsentrasi adsorbat. Data variasi parameter tersebut digunakan dalam studi kinetika dan termodinamika adsorpsi. Adsorptivitas optimum zat warna methyl red oleh MIL-100(Fe) diperoleh pada waktu 1 jam suhu 25 massa MIL-100(Fe) 50 mg dan pH 5. Hasil penenlitian menunjukkan kinetika adsorpsi secara orde dua semu dan secara termodinamika adsorpsi berlangsung secara spontan endotermik dan tidak teratur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263984

Actions (login required)

View Item View Item