Pengembangan video model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP / MTs / Diyah Ayu Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP / MTs / Diyah Ayu Widyaningrum

Widyaningrum, Diyah Ayu (2011) Pengembangan video model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP / MTs / Diyah Ayu Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci video pembelajaran Learning cycle 5E sumber belajar Video pembelajaran Learning cycle 5E merupakan salah satu sumber belajar untuk guru. Informasi yang diserap oleh masyarakat melalui tayangan video lebih banyak yakni 50% dibandingkan dengan 10% melalui membaca 20% melalui mendengar dan 30 % melalui melihat. Model pembelajaran Learning cycle 5E memiliki keunggulan yaitu dapat membuat siswa lebih aktif siswa tertarik pada materi pelajaran dan siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga pembelajaran lebih bermakna. Video model pembelajaran Learning cycle 5E memuat pembelajaran secara terpadu dengan tema pencemaran air sungai. Tema ini memuat keterpaduan bidang biologi fisika dan kimia. Tujuan pengembangan sumber belajar ini adalah untuk mengembangkan video model pembelajaran Learning cycle 5E sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP/MTs serta untuk menemukan kelebihan dan kekurangan video model pembelajaran Learning cycle 5E sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP/MTs. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah penelitian dan pengumpulan data awal perencanaan pengembangan pengembangan draft produk penilaian revisi dan penyempurnaan produk. Produk yang dihasilkan adalah berupa video model pembelajaran Learning cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai. Jenis data yang diperoleh adalah data ordinal dan data deskriptif. Data ordinal berupa skor hasil penilaian kelayakan oleh evaluator selanjutnya diubah menjadi persentase dan dirata-rata. Data deskriptif berdasarkan komentar dan saran dari evaluator. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penilaian dari evaluator di dalam angket dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data hasil penilaian kelayakan rerata persentase sumber belajar video model pembelajaran Learning cycle 5E sebesar 76 58% memenuhi kriteria layak sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai sumber belajar. Video model pembelajaran Learning cycle 5E memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai sumber belajar. Kelebihan sumber belajar ini antara lain memenuhi kriteria ekonomis praktis mudah diperoleh fleksibel mendukung kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan produktivitas pendidikan. Kekurangan sumber belajar ini antara lain hanya dilakukan penilaian isi belum dinilai secara empirik memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk memproduksinya beberapa adegan yang ditampilkan kurang sesuai dengan konsep model pembelajaran Learning cycle 5E sehingga diberi penjelasan dalam bentuk caption.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item View Item