Potensi mikroba annamox indigen Jawa Timur dari Waduk Selorejo sebagai agen pendegradasi limbah kaya amoniak - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi mikroba annamox indigen Jawa Timur dari Waduk Selorejo sebagai agen pendegradasi limbah kaya amoniak

Sayfulloh, Much (2022) Potensi mikroba annamox indigen Jawa Timur dari Waduk Selorejo sebagai agen pendegradasi limbah kaya amoniak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mikroba Anammox (Anaerobic Amonium Oxidation) merupakan mikroba yang berperan dalam proses perubahan dari ion amonium menjadi gas nitrogen dengan nitrit sebagai akseptor elektron. Mikroba Anammox di Indonesia masih sedikit di teliti padahal kawasan indonesia yang dipenuhi dengan perairan sangat cocok bagi pertumbuhan mikroba Anammox. Salah satu perairan yang yang mungkin dihuni oleh mikroba Anammox adalah Waduk selorejo yang merupakan perairan tawar buatan yang diduga dapat dihuni oleh Mikroba Anammox Cadindatus Brocadia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan mikroba Anammox serta aktivitasnya di perairan Waduk Selorejo dengan menggunakan metobe Anaerobic Bottle Bath Reactor. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) preparasi sampel (2) pengujian potensi keberadaan mikroba Anammox dengan NGS (3) isolasi bakteri dengan Anaerobic Bottle Reactor (4) pengujian aktivitas bakteri dalam menurunkan kadar ammonia menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Hasil dari penelitian ini diperoleh kultur Mikroba Anammox indigen Jawa Timur dari Cadindatus Kuenenia Stutgartensis yang diharapkan berkontribusi dalam kemajuan penelitian mikroba Anammox di Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263979

Actions (login required)

View Item View Item