Pemurnian ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan aseton / Salma Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemurnian ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan aseton / Salma Afifah

Afifah, Salma (2022) Pemurnian ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan aseton / Salma Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak. Protease merupakan enzim yang paling banyak dibutuhkan di dunia industri karena kemampuannya sebagai katalis memiliki daya katalitik dan spesifitas tinggi dapat bekerja pada kondisi suhu dan pH yang tidak ekstrim serta aktivitas katalitiknya yang mudah dikendalikan dan ramah lingkungan. Protease dapat diproduksi dari hasil isolasi tumbuhan hewan dan mikroba. Namun bakteri merupakan sumber protease yang potential karena mudah diproduksi dalam skala besar biaya produksi yang cukup terjangkau serta dapat dibudidayakan dalam jumlah besar dalam waktu yang relatif singkat dengan cara yang telah ditetapkan. Salah satu bakteri yang berpotensi menghasilkan protease adalah Bacilus megaterium TR-10. Penelitian ini bertujuan untuk memurnikan ekstrak kasar protease dari B. Megaterium TR-10 dengan metode pengendapan aseton. Protease dihasilkan dengan meremajakan bakteri pada media SSA produksi ekstrak kasar protease pada media produksi uji aktivitas dan kadar protein pemurnian ekstrak kasar protease dengan aseton pada berbagai fraksi diantaranya FA-I (33%) FA-II (41%) FA-III (50%) FA-IV (60%) FA-V (67%) kemudian uji homogenitas protein dengan metode SDS-PAGE. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi kadar aseton maka kadar protein akan semakin tinggi tetapi tidak demikian dengan aktivitas spesifik enzim. Masing-masing fraksi pada kejenuhan 33% 41% 50% 60% 67% menghasilkan aktivitas spesifik 22 6 U/mg 25 4 U/mg 40 2 U/mg U/mg 47 8 U/mg 20 0 U/mg. Hal ini dikuatkan dengan hasil uji homogenitas SDS-PAGE yang semakin menurun. Maka dapat disimpulkan bahwa pemekatan ekstrak kasar protease B. megaterium TR-10 dengan metode pengendapan aseton memiliki kadar optimum pada kejenuhan aseton 60% dengan peningkatan kemurnian sebesar 1.6 kali lipat dan yield protein 0.066%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263977

Actions (login required)

View Item View Item