Pemekatan ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan amonium sulfat / Vivi Mulya Harum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemekatan ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan amonium sulfat / Vivi Mulya Harum

Harum, Vivi Mulya (2022) Pemekatan ekstrak kasar protease bacillus megaterium tr-10 dengan metode pengendapan amonium sulfat / Vivi Mulya Harum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Protease merupakan enzim yang dapat memecah ikatan peptida menghasilkan asam amino dan peptida sederhana. Protease merupakan enzim yang penting bagi industri seperti produksi kolagen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kejenuhan ammonium sulfat pada pemekatan ekstrak kasar protease dari B. megterium TR-10 dengan pengendapan ammonium sulfat. Tahapan dalam penelitian ini yaitu 1) Pembuatan Media dan Reagen 2) Peremajaan protease dari isolat B. megaterium TR-10 (3) Produksi ekstrak kasar protease isolat B. megaterium TR-10 (4) Pemekatan ekstrak kasar protease menggunakan metode pengendapan amonium sulfat (5) Pengujian aktivitas spesifik ekstrak kasar protease isolat B. megaterium TR-10 dengan metode anson dan (6) Penentuan Homogenitas sebelum dan sesudah pengendapan. Pemekatan protease dari B. megaterium TR-10 menggunakan metode pengendapan ammonium sulfat pada tingkat kejenuhan 0-40% 40-60% dan 60-100% belum dapat mengendapkan secara signifikan kecuali pada tingkat kejenuhan 40-60%. Pada tingkat kejenuhan 0-40% protein tidak dapat mengendap tingkat kejenuhan 40-60% protease dapat terendapkan dengan nilai aktivitas spesifik enzim protease sebesar 2 930 U/mg sedangkan pada tingkat kejenuhan 60-100% protein mengendap tetapi nilai aktivitas spesifik protease nol. Homogenitas protease pada fraksi 40-60% mengindikasikan pada fraksi tersebut sebagian protein kontaminan lain dapat dipisahkan tetapi tidak dapat meningkatkan nilai aktivitas spesifik proteasenya sehingga tidak memenuhi syarat untuk digunakan sebagai metode pemekatan ekstrak kasar protease B. megaterium TR-10.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263976

Actions (login required)

View Item View Item